Wednesday, April 9, 2014

Pak Pos dan Perangko


Pertama kali main di website Postcrossing, aku dapet 5 alamat kemana kartu pos ku harus dikirim; Norway, Netherlands, Germany, Russia, dan United States. Kartu pos uda selesai ditulis, tapi berhubung masih anak bawang di dunia kartu pos, aku ga tau tarif perangko yang mesti ditempel di kartu pos tersebut. 

Berbekal pencarian di internet, aku nemuin kantor pos terdekat dari rumah di Jalan MH. Thamrin No. 22. Kantor pos ini ada di Jalan Cikokol dan selalu aku lewatin kalo pergi ke kampus atau gereja. 

Besoknya aku pun kesana dengan niat untuk nanya-nanya tarif perangko sekalian kirim kartu pos. Kantor pos ini sepi dan kecil, malah awalnya aku kira tutup. Tapi setelah masuk, ada 2 pegawai Kantor Pos yang lagi jaga.

Berikut kira-kita percakapan dengan Pak Pos

S: Halo Pak, mau beli perangko ya 
P: Mau berapa ribu dek?
S: (Keluarin kartu pos)
     Kalo ke Eropa dan US tarif perangkonya berapa ya Pak?
P: Wah kalo ke Eropa bisa 50ribu dan perlu perangko khusus.
S: Masa sih Pak? Kok mahal banget?
P: Iya emang segitu dek (Keluarin perangko)
     Kita adanya perangko biasa kaya gini dek. Biasanya ini buat ke dalam negeri aja. Coba deh ke kantor pos pusat di deket Pasar Lama, mereka jual biasanya.
S: Oh gitu. Okedeh, aku coba cari kesana aja. makasih ya Pak.

Pulangnya langsung galau........... Tarif buat ke 1 negara aja 50 ribu, kalo aku mau kirim ke 5 negara berarti 250ribu. "Rasanya ga mungkin deh.", pikir aku.

Aku pun nanya-nanya ke temen aku yang uda lama main kartu pos, dan dia bilang tarifnya ga semahal itu. (Merasa tertipu...) Temen ku pun nyaranin untuk liat harga pastinya di internet.


Ternyata, tarif Perangko ga sampe 5,000 buat ke Amerika dan sama sekali ga ada perangko khusus. Semua perangko sama. *YEAH*

Aku kemudian nyari-nyari Kantor Pos lain di sekitar Tangerang dan nemuin Kantor Pos di Pasar Sinpasa Summarecon Mall Serpong. Besoknya, aku kesana dengan niat beli perangko sekalian kirim kartu pos. Disana kantor pos nya jauh lebih ramai karena terletak di ruko Pasar Modern yang aktivitas jual belinya berlangsung dari pagi hingga sore. Disana aku pun ngalamin percakapan yang kurang lebih sama;

S: Pak, beli Perangko ya, 5000an 10. 2 ribuan 10.
P: Jadi 70,000 ya dek.
S: Makasih Pak. Ada lem ga Pak? (Ceritanya mau tempel perangko disana jadi sekalian langsung kasih ke bapaknya buat dikirim)
P: Pake air aja dek, kasih di halaman belakang perangkonya. Itu uda ada lemnya, tinggal di air-in. (Sambil ngasih gelas berisi air)
S: Ohh gitu ya Pak. Okee.

P: (Perhatiin aku nempel perangko di kartu pos)
    Mau dikirim kemana dek?
S: Yang ini ke Netherlands Pak.
P: Ke Netherlands mana nyampe dek 5000. harus 20 ribu. Ini 5000nya dijejerin 4 disini.
S: Wah masa sih Pak? Aku coba dulu deh kirim 5000 (Pura-pura gatau)
P: Kalo ga nyampe ga nanggung ya.
S: Hahaha oke, makasi Pak!




Dannnn.. taraaa! cuma dalam seminggu kartu pos pertama yang aku kirim sampe di Netherlands selamat sentosa : ) 


Positive thinking! Aku rasa mereka ga ada niat untuk nipu atau korup tentang tarif-tarifan. Tapi mungkin karena kurangnya edukasi dari Kantor Pos sendiri ke pegawai-pegawai Kantor Pos cabang makanya mereka berasumsi; Eropa dan Amerika itu jauh tarif pasti 10ribu ke atas. 

PS: Tempel perangko dari rumah aja supaya Pak Pos ga tanya macem-macem. Tinggal bilang, "Halo Pak, titip kartu pos yaa!", dan langsung tinggal : )

21 comments:

  1. haahaha... sell gmna caranya si kirim post card?? asyik ya kayanya wakakakak

    ReplyDelete
  2. ke www.postcrossing.com ness. entar bikin account terus pilih send a postcard & entar dapet ID gitu. kalo orangnya uda terima, ID lu bakal di registrasi baru deh bisa dapet postcard dari org lainn hehe. baca jelasnya di Help: F.A.Q nya aja nes : )

    ReplyDelete
  3. Wow, such an amazing experience ever ! Becoming a philatelists nowadays is rarely to be found. Could you just send me one postcard you love the most ? Looking forward to seeing it soon :)

    ReplyDelete
  4. I would love to! just send me your address then hehe. my email: sellachrisella@gmail.com : )

    ReplyDelete
  5. Permisi kak :) Ini tarifnya masih berlaku sampe skrg? hehe. Pas ngirim lagi, masih pake tarif yang ini kah? makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Gina! iya, sampe sekarang kalo aku ngirim kartu pos aku pukul rata Rp 5000 ke semua negara dan semuanya selalu sampe :)

      Delete
  6. hallo,
    boleh tau ga dapat source harganya dari mana?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak.
      Aku baru aja tau tarif terbaru tahun 2013 dari KOMINFO. bisa dibaca di postingan paling atas : )

      Delete
  7. hallo mbak,
    sudah pernah coba kirim lewat pos di pasar lama tangerang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak :D belom pernah, selama ini aku selalu ngirim dari kantor pos yang di pasar Summarecon. Tapi pasar lama pusatnya kantor pos di tangerang, jadi pasti uda terjamin juga :)

      Delete
    2. siap mbak,
      selama ini beli postcard di mana mbak ?hehehe

      Delete
    3. di toko buku Kinokuniya atau books & beyond kak, atau yang jual via online jg banyak :D

      Delete
  8. Kalo sekarang 5000 masih cukup kan ya buat ke Belanda?

    ReplyDelete
  9. Kalo sekarang 5000 masih cukup kan ya buat ke Belanda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Erlita. sekarang ke negara' di Eropa 7000 tarifnya : )

      Delete
  10. halo kak, masih sering ngirim lewat kantor pos yang di pasar Summarecon?
    nempel disitu masih dikepoin pak pos ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Christian! masih setia sama kantor pos di Summarecon saya hahaha. cepet banget sampenya.
      uda ga kok, jangan nanya' apa' jg ke dia klo gamau dikepoin. langsung beli brdasarkan harga dari internet aja :D

      Delete
  11. Halo kk mau nanya ngirim kartu pos tgl beli perangko aja kan? Ga usa bayar ongkir dll? Trif perangko k eropa berapaan ya kk skrg? Itu suratnya d masukkin sndri k kotak pos ato ngasih k org kantor pos? Klo misal masukkin sndri k kotak pos, apa bakal beda kotak pos tjuan eropa sm asia? Sorry kebanyakkan nanya hehehe

    ReplyDelete
  12. O ia kk klo bsa blesnya d email gppa ? Email aku clarenitaf@yahoo.com

    ReplyDelete
  13. O ia kk klo bsa blesnya d email gppa ? Email aku clarenitaf@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. Halo kk mau nanya ngirim kartu pos tgl beli perangko aja kan? Ga usa bayar ongkir dll? Trif perangko k eropa berapaan ya kk skrg? Itu suratnya d masukkin sndri k kotak pos ato ngasih k org kantor pos? Klo misal masukkin sndri k kotak pos, apa bakal beda kotak pos tjuan eropa sm asia? Sorry kebanyakkan nanya hehehe

    ReplyDelete